Sundanesse part 1

“lo asli mana?” pertanyaan ini kerap kali muncul saat lo berkenalan dengan seseorang… pertanyaan yang sederhana siy… tapi setiap orang nanya ini sama gw, gw selalu bingung ngejawabnya… agak ambigu menurut gw… pasti gw bakal nanya balik “maksudnya suku gitu??”… dan rata2 emang maksud pertanyaan ini mengarah ke sana.. dan lagi2 gw bingung menjawab apa… terlalu banyak percampuran darah di diri gw… tapi paling aman gw jawab sunda, karna mayoritas keluarga gw adalah sunda…

Aneh emang, seorang anak lulusan fakultas ilmu pengetahuan budaya tidak bisa menjelaskan secara yakin asal-usulnya dikarenakan ketidakpahamannya atas konsep kesukuan… pada dasarnya kesukuan itu diwariskan beradasarkan garis leluhur… tapi gimana dengan proses asimilasi budaya di sekitarnya?? Secara keturunan gw mungkin bisa dikatakan orang sunda,, tapi gw ga punya ciri2 kepribadian khas orang sunda tuh.. malah kalo iseng gw lagi kumat, pas ditanya asli mana gw akan balik nanya n nyuruh orang itu nebak gw asli mana, dan mayoritas pada ngirain gw orang jawa… soalnya kulit gw ga putih bersih kaya orang sunda, gw kecil kebanyakan main layangan (serius..)

Kalo secara perawakan badan, paling bokong besar aja yang paling nyiriin, secara sunda kan jaipong ya bo, banyak nonggeng, jadi yah nasib paling apes gw adalah punya bokong kaya bebek… kalo dibilang nanti gampang melahirkan yah amin aja deh… amiiiiin… nasib gw ini yang bikin gw ga bisa beli celana jeans cewe, apalagi yang modelnya hipster...

Paling2 letak kesundaan gw cuma paling nyiri dari selera makanan gw… gw doyan banget sayur2an, lalap2an, dan rasa yang pedes manis-nya nge-blend… sisanya?? Ga ada… don’t ask me to speak bahasa sunda… orang ngomong aja gw blum tentu ngerti, padahal smp gw blajar bahasa sunda, itu pun slalu dapet merah siy… kalopun dapet bagus juga cuma karna rajin menjilat dengan selalu ngerjain tugas yang dikasih…

Gw ga pernah dididik dengan budaya sunda… ga pernah dibiasakan berbahasa sunda… walaupun bisa dibilang keluarga nyokap mewarisi darah biru dari leluhur sunda2an itu, tapi keluarga nyokap gw pun ga pernah membiasakan diri terikat dengan budaya2 sunda atau ritual2 kebudayaan sunda yang ada… gw baru banyak kenal sama budaya sunda ya setelah gw kuliah di FIB… dari keluarga bokap yang dari golongan akademisi abis ini lah yang sesungguhnya cukup kental nuansa kesundaannya, tapi bokap sendiri ga pernah ribet siy, paling dari keluarga bokap yang paling ditekenin ya nuansa akademis dan religius-nya… tapi dasar gw aja dableg, kadang2 sering error-nya daripada elingnya..hoho

Gw lahir di Jakarta, besar di berbagai kota, karena hidup gw selalu berpindah2… dari umur beberapa bulan sampai 3 tahun gw tinggal di menado, trus langsung pindah ke padang sampe umur 7 tahun, trus balik ke Jakarta, habis itu satu tahun menetap di Surabaya, sisanya hidup gw berada di daerah jabotabek laaah… untuk kebudayaan menado, gw hampir ga inget… karna waktu itu gw masih kelewat kecil kali yaaaa???kebudayaan padang cukup melekat banget sama gw,, ini karena,, ketika masa “penyerapan ilmu” yang lagi hebat-hebatnya itu gw habiskan ya di sumatera barat ini… masa TK dan SD kelas 1… ditambah lagi ketika di sana nyokap bersahabat sama guru TK gw yang mana orang asli padang dan secara ga langsung memperkenalkan budaya di sana sama gw… emang hobby gw sekeluarga itu jalan2… dan nyokap itu sering banget jalan2 itu sama tempat budaya dan bersejarah… jadi di padang hampir ga ada yang luput deh tuh… dari kampungnya bung hatta, istana pagaruyung, danau maninjau, pantai air manis, dll. dari kecil gw emang suka banget sama dongeng… jadi yah gw ga jarang juga dicekokin dongeng2 dari keluarganya guru gw ini… sampe akhirnya pas kuliah MKI kmaren gw jadi apa2 pake budaya padang, karna itu yang paling gw ngerti… dan paling gampang juga gw nyari bahannya, secara sepupu gw (both dari nyokap n bokap) orang padang gituh, jadi bisa nanya2 juga kalo ada yang lupa…hehe (curang mode: on)

Sampai sekarang gw sendiri masih ga merasa orang sunda… gw ga merasa orang padang, menado, ato jawa (yang emang pada dasarnya emang bukan)… dibilang orang Jakarta?? Betawi gitu?? Engga juga… jadi gw orang apa dong?? Yang pasti gw orang Indonesia, yang kaya akan budaya, yang ga ingin mengotakan diri ke dalam satu unsur budaya tertentu, semuanya punya nilai lebih dan kurangnya masing2, semua punya keunikan sendiri…

0 Response to "Sundanesse part 1"

Post a Comment