"Ortu Instant?" (Part 1)

Biarpun cengengesan binti slebor & cuek, tapi gw ini lumayan suka jadi pengamat loh!
hahahaha... well, who doesn't? semacam kata pepatah yang lagi HITZ saat ini,

"Hidup itu cuma bisa kita rencanain, Allah yang tentuin (apakah rencana kita dapet approval-Nya ato dapet yang lebih baik) dan orang lain yang komentarin"..
sadly but true.. :(
iya, gw tau ngomentarin urusan hidup orang itu ga penting dan ga ngaruh juga buat kita.. lagian sok komentar segala macam hidup kita paling bener aja.. hahaha..


yah, tapiiii.. sebagai pembenaran atas "pengamatan" yang dilakuin, gimana kalo kita bilang sebagai suatu bentuk usaha "belajar dari kesalahan orang lain".. ejiyeeee.. gaya deh.. :p

okay, kali ini gw mau sotoy ngebahas soal quotes di bawah ini
hohoho... sepanjang perjalanan pembelajaran hidup gw, ada beberapa contoh yang gw alami mengenai fasilitas yang diberikan orangtua kepada anak.. baik fasilitas secara materi maupun immateriil.. yang mau gw bahas tentunya soal keberlimpahan fasilitas tanpa diberikan pengertian akan tanggung jawab yang besar..



dalam beberapa kasus, gw melihat anak yang berlimpah fasilitas dan selalu dituruti orang tua itu cenderung kurang mandiri dan/atau cenderung kurang peduli.. jujur, ketika menulis ini, gw bertanya pada diri gw sendiri, apa iya pemikiran gw ini bukan karena gw iri karna ortu gw ga terus-terusan bisa selalu kasih fasilitas apa yang gw minta? dan ternyata sebagian besar hati kecil gw justru bersyukur dengan segala keterbatasan yang gw miliki. Hmm, atau mungkin lebih tepatnya lagi bisa dibilang gw cukup nrimo atas keadaan gw..


I know, my life is not as sweet as it seems like, but I always try to never become a bitter person..


Gw nrimo
karna gw sadar, kalo gw ga boleh iri dan ga bisa marah atas keadaan gw.. Toh, marah dan iri ga akan membawa diri gw kmana-mana.. Gw pribadi lebih milih untuk mengubah energi marah gw menjadi sebuah harapan.. Yah, sadar juga sih kalo kadang harapan itu malah bikin jadi sedih dan sakit.. Ga jarang juga si harapan malah bikin makin nyusruk.. tapiii, kalo ga berharap gimana caranya buat ngedorong si roda kehidupan? setidaknya harapan bisa menjadi sebuah ranting yang bisa dicapai ketika kita jatuh, mungkin dia akan bikin kita jatuh lagi karena ranting itu sendiri rapuh, tapi sadar ato ngga si ranting juga cukup membantu kita untuk memberikan pijakan yang lebih baik biar ga jatuh lebih parah dari yang sebelumnya..

OK, balik lagi ke masalah berlimpah fasilitas.. Beberapa kali gw melihat contoh nyata yang kurang baik dari kurang tepat guna-nya pemanfaatan fasilitas ini..

Ada yang karena kebutuhan udah dipenuhin ortu-nya lantas ga bisa mikir sebenernya apa yang dia pengen, saking belum sempet pengen sesuatu aja udah dikasih fasilitasnya di depan mata.. Terus jadi kebiasaan, karna ortunya selalu jadi back-up apapun yang terjadi..


Ada yang karena kebutuhannya selalu dipenuhin ortu-nya lantas mikir seenaknya kalo memang sudah sepatutnya lah kebutuhannya terpenuhi oleh ortu-nya.. Terus jadi ga peduli, pokoknya kebutuhannya harus terpenuhi, jangan sampe dia susah, ortu-nya harus muter otak, jungkir balik gimana caranya bisa menuhin kebutuhannya..

Lantas, pertanyaannya ketika yang udah terbiasa kebutuhannya terpenuhi sama ortu-nya ini kemudian menjadi ortu juga, apakah yang terjadi?


Sayangnya, di depan mata gw, paitnya ya ortunya lagi yang harus ikut jadi back-up.. lagi2 dengan alasan "kepada siapa lagi harus minta tolong?"

Nikah, dibayarin ortu.. selametan ina-inu-itu, disiapin ortu.. keperluan bersalin, disiapin ortu.. anak diurusin ortu.. bahkan perintilan untuk anaknya pun ga jarang dari ortunya..

Lha, jadi apa esensi dari  "hidup baru" yang berlimpah doa saat kita di pelaminan? dulu gw mikir kalo ucapan selamat menempuh hidup baru itu kurang tepat.. lha, orang hidupnya masih di dunia yang sama kok, belum pindah ke alam dunia lain.. *ketok2 meja* (astaghfirullahaladziiim) #selftoyor 

tapiiii kalo dipikir-pikir lagi, ada benernya juga ungkapan "hidup baru" itu.. setelah menikah, bagi seorang perempuan, dia akan menjadi seorang istri, pembaktiannya akan berubah kepada suami-nya, imam yang ia pilih.. sedang untuk seorang laki-laki, tanggung jawab-nya jelas bertambah, jadi imam bukan suatu hal yang main2 lhoo, harus bisa memimpin diri sendiri dengan baik biar orang yakin untuk menjadi makmum-nya.. jelas dengan peran dan bakti tambahan itu hidup kita tidak akan sama dengan yang sebelumnya..

untuk urusan ini, gw sadar, kalo gw pribadi masih dibantu nyokap dalam hal ngurus anak, tapi sebisa mungkin kalo gw pulang ya gw yang urus.. biar kata sering ada aja yg kurang kek.. dibilang ga becus kek.. biar kata diliat nyokap salah mulu tiap ngelakuin ini itu.. yang penting gw belajar.. jadi kalo nyokap ga ada gw tau harus ngapain.. gw bisa urus sendiri.. ga panik.. aaaannnnddd I have my own way anyway.dan emang jam jaga nyokap = jam gw berangkat sampe pulang kerja.. biar bangun kesiangan, kadang ga sempet mandi, tapi bahan makanan elmo udah gw siapin, pulang kerja juga botol-botol bekas ASIP gw yang nyuci sendiri (kadang kalo lagi cape-capenya ya gw cuci besoknya lagi).. *tutup muka* kalo sempet ya masak, kalo ngga ya tinggal beli (gitu aja kok repot)

kadang, kalo lagi waras gw ngerasa ada untungnya juga nyokap selalu punya standard tinggi buat gw.. saking tingginya kadang gw ngerasa ga bisa mencapainya.. nyokap selalu punya patokan atas diri dia dan almarhum bokap.. yang mana beda banget sama gw.. nyokap orangnya super bersih dan rapih.. almarhum bokap super pinter.. sedangkan gw????!!! da aku mah apa atuuuuh?? muahahahaha.. :p

tapi iya, ada untungnya juga punya nyokap GAHAR macam itu.. udahlah hidup gw biasa2 aja, kalo ga dipecut mau jadi apa gw? gimana bisa majunya? Syukur, Alhamdulillah gw diberi banyak tantangan, jadi mau ga mau kudu mikir gimana caranya buat ngelewatin itu semua.. di situ kadang saya bingung, harus merasa seneng apa sedih ya? wakakakaka :p apapun itu yang penting udah Alhamdulillah lah bisa begini adanya..


Gw suka dan setuju banget sama foto dan video di bawah ini, bahwa yang paling penting itu adalah ngajarin nilai hidup... ngajarin gimana bisa bahagia dan gimana bisa survive dalam hidup.. #tsaaah karena ya emang kekayaan ga jamin bisa bikin bahagia juga.. selain itu, punya kekayaan melimpah ruah kalo ga punya surviving skill yang bagus ya bisa abis juga, terus pas abis nanti bingung gimana cara bertahan hidupnya.. jadi, IMHO ya yg paling penting belajar gimana bisa survive dalam hidup dan bahagia dalam keadaan apapun..





Gw inget, ketika gw masih kecil, saat sesungguhnya bokap mampu memberikan apa yang bocah kecil banyak mau-nya ini inginkan, bokap ga pernah serta merta memberikan.. bokap n nyokap selalu ngasih gw jatah maksimal yang bisa gw pakai tiap gw ikut belanja.. jadi, walopun pengen ini itu banyak sekali, dengan budget tertentu pada akhirnya gw harus milih (dan pilihannya kadang mentok sama budget) hahaha.. hikmah yang gw sadarin saat gw besar sekarang sih, gw jadi bisa belajar "memilih".. jadi bisa belajar soal "harga", kadang kalo gw kepingin banget sesuatu dan harganya melebihi budget yang ditetapkan, bokap nyokap biasanya ngasih win-win solution berupa "harga" lain yang harus gw bayar.. effort yang harus gw lakuin untuk dapetin hal tersebut.. efek sampe gw gede sekarang kadang jadi lamaaaa banget mutusin mau beli barang karena kebanyakan pertimbangannya.. kalo dari hasil intip-intip di milis parenthink, kayanya gw masuk kategori yang punya pola energi resiko (baca masalah pola energi lebih lanjut di sini).. hehehe.. seiring berjalannya waktu, dari banyak jatoh dan belajar bangkit sambil babak belur dari didikan nyokap setelah bokap ga ada yaaa, hikmah lainnya yang paling terasa sih lebih belajar cara untuk membuat diri bahagia dengan meminimalisir nilai materiil..

Gw ga ngerasa kalo apa yang gw alami dan gw pelajari itu adalah yang paling bener dari semua orang, tapi gw ngerasa kalo gw dapetin porsi pelajaran hidup gw sesuai dengan apa yang gw butuhkan.. Allah MahaBaik adalah pembuat kurikulum kehidupan yang paling ciamik bukannnn??!!

hahaha.. ngomong apaan sih gw panjang bener begini??

ya.. ya.. ya.. intinya, mahluk sotoy ini cuma mau nulisin pemikirannya aja sih.. buat ingetin diri sendiri soal value apa aja yang pengen gw tanemin buat Elmo, anak gw.. Gw sadar, jaman dia nanti akan semakin maju, gw butuh untuk menyiapkan dia dengan nilai-nilai yang ingin gw dan suami gw tanamkan kepada dia.. bekal yang kira-kira bisa cukup dia bawa dalam kehidupannya..

Gw ga mau jadi "ortu instant" yang hanya berfungsi sebagai perantara membawa anak ke Bumi tanpa arah dan tujuan yang pasti.. Gw mau usaha untuk terus belajar biar Elmo ga jadi seperti contoh-contoh yang tidak gw inginkan (termasuk contoh pada sikap maupun pribadi gw jika ada yang kurang baik)

Gw sadar bahwa anak itu hadiah, amanah, pemberian dari Allah.. gw ga mau menjadikan anak gw sebagai versi "mini me" dari gw atau suami gw.. No.. I believe Elmo will be a much better person than us! dan itu PR gw dan suami gw sebagai orang tua.. Gw saat ini menerjunkan diri gw ke limbah berantara milis2 parenting, kesehatan, ASI, MPASI, dll.. Gw nyoba belajar dari buku, diskusi di milis yang gw pun sadar setengah mati ga akan 100% mudah diterapkan secara ideal dalam mendidik Elmo..

Tapi gw percaya, sebuah proses tidak akan mengkhianati hasilnya..
Semoga Allah meridhoi.. (aamiin)

0 Response to ""Ortu Instant?" (Part 1)"

Post a Comment