"Ortu Instant?" (Part-2)

Habis kepoin tumblr Fanny dapet tulisannya yang mnurut gw, keren banget!
Ah, sobatku Fanny emang kece! (semoga Allah segera mempertemukannya dengan jodoh yang terbaik, aamiin)

Mengubah rasa syukur di dalam hati dan ucapan di bibir ke dalam sebuah tindakan nyata.
Cinta sama seperti syukur, tidak hanya diucapkan di hati atau bibir.
"There is no love, there are only proofs of love," (Pierre Reverdy).
Percuma tiap hari bilang cinta bila tidak ada pembuktian cinta.
Percuma suami tiap hari mengucap “I love you” tapi tidak ikut membantu meringankan pekerjaan rumah tangga istrinya, misalnya.
Percuma istri tiap hari mengucap “I love you” tapi tidak melayani suami dengan baik, misalnya.
Percuma seorang muslim tiap hari banyak mengucapkan inshaa Allah, subhanallah, alhamdulillah, atau menuliskan kata Allah, tapi shalat tidak tepat waktu, sedekah hanya sedikit, Alquran cuma ditumpuk, misalnya.
Percuma seorang anak menuliskan “I love my parents” di media sosialnya tapi bahkan orang tuanya tidak ada di friends list, misalnya.
Percuma seorang anak memiliki kedua orang tua yang masih hidup tapi tidak pernah menghabiskan waktu berkualitas bersama, misalnya.
Percuma seorang manusia memiliki anggota tubuh lengkap, tapi tidak digunakan untuk menolong orang yang kesulitan, misalnya.
Percuma seorang mahasiswa bertahun-tahun kuliah, tapi tidak membantu mengangkat derajat orang yang tidak berkesempatan sekolah, misalnya.
Syukur.
Gratitude (n) readiness to show appreciation for and to return the kindness (Kamus Oxford).
Gratitude, ada action atau tindakan terhadap kebaikan yang diterima dengan cara melakukan kebaikan ke yang lain.
Percuma tiap hari bilang syukur jika tidak ada pembuktian atas rasa syukur.
There is no gratitude, there are only the proofs of gratitudes.
...
Apa itu cinta?
Apa itu syukur?

Sederhana, cinta dan syukur adalah sesuatu yang kamu buktikan…
Ahad, 15 Maret 2015.
-Fanny Fajarianty-
Membaca tulisan Fanny di atas, mengingatkan gw juga sama buku berjudul "Sabtu Bersama Bapak" (selanjutnya akan gw singkat menjadi SBB,- red) karya Adhitya Mulya. Buku ini (menurut gw) wajib dan perlu dibaca buat yang ingin belajar soal hubungan ortu-anak secara bersahabat dan harmonis. Menyambung sama tulisan Fanny, buku SBB, dan judul gw di atas, gw mau ngebahas soal gimana cara mensyukuri nikmat mendapat titipan amanah dari Allah.. (hwedyaaan, berat banget meennn bahasan gw) wakakakakak..

Well, gw tahu, gw jauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuhhhhhhhhhhhhh banget dari kata sempurna, dan gw juga sadar kalo tulisan ini kemungkinan akan amat sangat terdengar bullshit, sok teu, atau yaa semacam pencitraan.. yah, gw juga paham banget kalo gw perlu banyak belajar, jadi tulisan gw ini ialah wujud dari bahan pembelajaran gw.. (biar seenggaknya otak gw dipake mikir yang agak berbobot dikit gitu) hehehe.. :p

Kalo mau jujur, gw tertampar ketika baca tulisan Fanny dan buku SBB. Gila, gw bias berkoar kalo gw sayang Elmo, Elmo adalah salah satu anugerah yang terjadi dalam hidup gw, dsb. Tapi, apa yang bisa membuktikan kecintaan dan syukurnya gw terhadap anugerah Allah itu? Seumur hidup gw, jujur gw pribadi masih ngerasa nyokap kurang sayang sama gw.. mungkin gw bisa dibilang juga kurang bersyukur, atas segala jerih payah nyokap sebagai single parent, ga mungkin juga beliau membesarkan gw sampai kaya sekarang ini kalo beliau ga sayang sama gw.. Tapi poin-nya adalah, kenapa gw ngerasa kurang? gw coba introspeksi, gw coba pelajari hubungan gw dan nyokap yang lebih sering kaya tom & jerry daripada batman & robin (maafkan atas ke-absurd-an analogi gw).. hehehe :p Yah, yang gw amati ada perbedaan "bahasa kasih" antara gw dan nyokap.. Daaaan, seringkali perbedaan bahasa ini lah yang sering banget bikin kita miskomunikasi alias gak nyambung..


Kalo gw perhatiin, "bahasa kasih" yang paling nyokap butuh/ senangi adalah jenis bahasa kasih "Hadiah". Nyokap mudah dibuat hadiah jika diberikan sesuatu hal terutama yang dia senangi. Dan emang nyokap orangnya hobi banget nyimpen printilan macem-macem plus lumayan apik juga. Sedangkan "bahasa kasih" yang paling gw butuh adalah "Words of Affirmation". Gw itu seneng banget ngobrol, seneng diapresiasi, seneng digombalin... yaaaa.. gitu deh pokoknya.. hahaha.. :p

Intinya, gw sama nyokap pake bahasa yang berbeda.. makanya sering ga nyambung.. gw sendiri bukannya ga pernah kasih hadiah juga sih.. tapi emang, jarang diliat aje kalo gw ngasih mah.. kalo gw ngasih mah kan judulnya kewajiban.. anak emang kudu ngasih ke ortu.. hahaha, kok jadi kesannya sensi banget ya gw? kalo mau ngeles sih, yaaa.. salah satu alasannya karna gw ga pernah denger apresiasi sesuai bahasa kasih yang gw butuhkan.. *tengil beut dah gw* :p


Yah, gw sadar sih, pola komunikasi gw sama nyokap sama sekali ngga baik.. dan gw ga mau punya pola komunikasi yang sama ke Elmo nanti.. dalam rangka ga pengen jadi "ortu instant" gw kepingin belajar untuk berbicara bahasa kasih yang sesuai Elmo butuhkan..

Belajar dari cerita soal hubungan Satya dan keluarga kecilnya di dalam novel "SBB". Gw harus mulai belajar kalo selain punya gaya "bahasa kasih" yang beda-beda, tiap orang juga punya cara belajar yang beda-beda. Selain itu, emang tiap manusia unik juga kan?! Pokoknya gw mau terus belajar biar bisa jadi ortu yang baik buat anak-anak gw.. gw mau hubungan gw dengan anak-anak gw jauuuuuuuuuuh lebih baik daripada hubungan gw sama nyokap..

ya..ya.. ya.. I know, ngemeng mah gampang.. gw sadar, gw juga masih cupu banget, masih jatuh bangun, nyusruk-nyusruk belajarnya.. makanya gw butuh media yang mengingatkan diri gw sendiri sama tekad gw ini, biar jadi penyemangat kalo proses belajarnya lagi "berdarah2"..

biasanya pan kalo lagi "berdarah2" suka jadi error ya.. lah kalo lagi error jg biasanya pan suka ga bisa mikir jernih.. nah, kali aja kalo lagu error bin butek si tulisan ini bisa bikin gw merenung.. "oh, gw pernah mikir/ nulis ginian thoo..",, "oh, gw bisa jg ngemeng kaya gini".. trus syukur2 abis merenung bisa jadi bahan introspeksi.. yaaa.. mana tahu kan yaaa??

Namanya juga usaha.. hahaha.. :D

Semoga Allah meridhoi.. aamiin :)


0 Response to ""Ortu Instant?" (Part-2)"

Post a Comment