"Real Mom"

(taken from Pinterest)



Tertarik bahas ini setelah Laras, sohib D3 Jerman gw, posting di path, lalu berlanjut bahas soal "Super Mom vs Real Mom" via whatsapp..


jadi emak-emak jaman sekarang rempong?
well.. sebenernya sih ga serempong itu juga..
lebih rempong jaman dulu juga sebenernya..


coba bayangin, jaman dulu untuk merah ASI blum ada pompa ASI kaya jaman sekarang.. belum lagi masih banyak mitos-mitos yang kudu lo telan bulet2 karena ga ada artikel ilmiah yang mendukung, jaman sekarang mah banyak forum buat nanya2, bisa pergi ke konselor laktasi juga.. buat MPASI juga.. makanan Elmo dulu selama 1 tahun penuh ASI gw keukeuh ga mau pake yg instan.. gula sama garem juga ngga.. semua bener2 bikin sendiri pake food processor.. cemplungin semua ke slow cooker, bobo cantik, melek2 langsung blender, tempatin masing2 ke dalem wadah, lalu freezer, pas mau makan tinggal angetin pake warmer.. semua panduan DOs and DON'Ts, jenis makanan, apa yang mau dibikin apa dan gimana caranya, mana yg boleh dibekuin, mana yang bisa diangetin, semua bisa dibaca di buku dan forum2.. lagi-lagi tanpa memandang jaman, tentunya semuanya akan lebih dimudahkan bagi yang memang ingin berusaha..


lantas kenapa jaman sekarang keliatannya lebih rempong?


yahhhh.. selamat datang kepada era informasi terbuka, dimana kita harus berterima kasih atas kemudahan dalam mendapatkan informasi, tapi harus berhati-hati pula dalam memilah informasi tersebut..


Nah, masalah memilah informasi sendiri sebenernya bukan hanya melihat nilai dari informasi itu sendiri (apakah benar, apakah penting, dan faktor yang lain sebagainya).. Yang jelas, informasi yang kita pilih itu akan jadi makanan buat pikiran dan perasaan kita tentunya..


Gw jelas dapat dipastikan jauh dari sempurna.. Gw masih belajar banyak hal (dan masih kurang pinter juga sampe sekarang, bahkan dengan progress yang mungkin bisa dibilang lambat).. Alhamdulillah, gw punya banyak temen-temen yang bisa dijadikan contoh dan memotivasi gw untuk belajar jadi lebih baik.. Yah, walopun gw realistis juga sih.. ada yang gw coba dan berhasil.. lebih banyak banget lagi yang gw coba dan gagal.. yang paling parah lagi sih yang sebatas niat, udah ngumpulin segala macem referensi, bahan dan peralatannya, tapi akhirnya teronggok indah, numpuk menuhin lemari.. tapi lumayankan udah punya niaatttt... (nyari pembenaran) wkwkwkwk..


Yaaa.. yang penting bahagia lah yaaaa... soalnya awal-awal jadi ibu, pastinya lah pengen jadi ideal segala macem.. tapi lama-lama lelah bok.. macam udah kurang drama hidup aja, sampe mesti nambahin lagi drama melawan diri sendiri.. yang sebenernya tentu paling sering terjadi sih apa yg dinamakan si konflik batin.. berhubung si konflik batin itu memang acapkali timbul tanpa diundang.. jadi yaaaaa... kurang-kurangin lah mengundang dia.. lah, ga diundang aja dia dateng, apalagi kita undang?? penuh bin mumetlah nanti itu kepala.. bikin perkara sendiri kan namanya? terus kalo udah gitu nanti jadi lebih gampang lagi cranky.. segala macem jadi sensitif, jadi gampang baper.. lahhhh.. kapan bahagianya kalo kaya gitu? ora uwis uwis..


Pas banget baca postingan dari dokter Annisa Karnadi ini:
Ibu jaman skrg isu persaingannya banyak sekali:
SAHM vs WM
Melahirkan normal vs sesar
ASI vs Sufor
MPASI rumahan vs instan
Makan organik vs anorganik
Single fighter vs pakai jasa ART
dan masih banyak lagi untuk sebuah rasa "menjadi ibu"

Ditambah lagi standar abadi menjadi ibu itu :
Bangun paling pagi, tidur paling malam
Rumah selalu bersih dan rapih
Anak-anak sehat, pintar, sedap dipandang
Memasak lezat bergizi seimbang setiap hari, camilan sehat, ditata menjadi bento lucu
Rambut rapi badan pun harum
Rajin membuat prakarya
Keluarga senantiasa tersenyum spt foto keluarga yg (tampak) bahagia yg terpajang diruang tamu

Benar2 ibu sempurna, ibu juara dan super. Sebagai ibu tentu dong ingin dianggap sukses mengurus anak dan rumah tangga juga sebagai makhluk sosial berharap eksis n bermafaat di masyarakat. Saya Ibu, istri, dokter, penulis web
www.duniasehat.com yg pembacanya 2000 org/hr, ikut arisan, ngaji jg ikut komunitas keren yg sesuai passion.

Super Mom, Super Wife, Super Tired!
Terjebak dalam sindrom (ingin) jd ibu super.
Apa yg sebenarnya saya kejar?
Apa yg sebenarnya saya inginkan?
Apa cara untuk menjalani hidup menjadi ibu?
Pada kenyataanya kita bs sakit, anak akan batpil dan tantrum, rumah tdk bs selalu bersih dan rapih, cucian kotot menumpuk, hingga macet yg membuat jadwal berantakan. Yaa, kondisi ini jika dipaksakan bs membuat depresi yang bisa saja anak dan suami menjadi korban.

Menjadi ibu itu bukanlah sebuah perlombaan.
Juga tdk ada sosok rival untuk dikalahkan. Ibu yg sempurna dan sukses memiliki definisi luas. Jangan membebani diri diluar jangkauan. Segera cari jendela emosi ketika merasa mau meledak. Akan jauh lebih nyaman ketika:
1. Bersyukur
2. Hidup seimbang dan jaga kesehatan
3. Menentukan skala prioritas yg realistis
4. Tersenyum menikmati hidup
5. Tau dimana mencari rujukan yg praktis dan benar
6. Spt saat ini: meregenerasi motivasi diri tiap kali hilang arah tujuan.

Rasa syukur akan mendatangkan energi tanpa batas untuk tetap melangkah tegak menjalani hidup dan mendatangkan lebih banyak nikmat dalam hidup. Atur kembali standar yg ingin dicapai. Makan, minum, istirahat yg baik. Kenali motivasi hidup. Libatkan Tuhan supaya ikhlas menjalani rutinitas hidup. Nikmati hidup! Menikmati bermain berantakan bersama anak, ngobrol mesra sambil beberes cucian bersama suami, menyapa tetangga, bercakap dengan banyak org dan diskusi seru sambil ngeteh dgn teman.

Bahagia itu sederhana.
Tentu kita harus menjadi ibu yg baik dan bertanggung jawab. Tidak perlu kekuatan super untuk menjadi ibu yg baik. Semua ibu yg baik adalah SuperMom. Tidak perlu bersaing untuk menjadi lebih ibu dari ibu lainnya. Kita semua yg telah bekerja keras menjadi ibu yg baik adalah ibu terbaik baik anak-anak, istri terbaik bagi suami, dan teman terbaik bagi lingkungan. I'm not SuperMom, I'm REAL Mom.



Jadi, Ibu-ibu..
Please love your self.. Just Be Real..
Sebisa mungkin kurangin deh nambahin penyakit diri sendiri..
Udah banyak hal yang bikin kita mumet tapi tetap dalam lingkup yang positif dan bisa membawa kita ke arah yang lebih baik.. (misalnya: bagaimana mengatur cashflow uang, sekolah inceran buat anak, dll.)
Selalu cari lingkungan yang positif, yang berguna buat diri sendiri.. (contoh: grup pengajian, grup olahraga, grup-grup lainnya yang bisa bikin hepi.)
daaaaaaaaaannnnnnnnnn lain sebagainya seperti saran yang ada pada gambar di bawah ini..


(taken from pinterest)




Tetap Sumanged!!!!





0 Response to ""Real Mom""

Post a Comment